GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Peserta JKN-KIS di Babel Capai 75 Persen

Peserta JKN-KIS di Babel Capai 75 Persen

Peserta JKN-KIS di Babel Capai 75 Persen Capaian kepesertaan Program JKN-KIS BPJS Kesehatan di Provinsi Bangka Belitung, september 2018 baru mencapai sekitar 75 persen.Kamis, 4 Oktober 20…

Peserta JKN-KIS di Babel Capai 75 Persen

Peserta JKN-KIS di Babel Capai 75 Persen

Capaian kepesertaan Program JKN-KIS BPJS Kesehatan di Provinsi Bangka Belitung, september 2018 baru mencapai sekitar 75 persen.

Peserta JKN-KIS di Babel Capai 75 PersenBangkapos/irakurniatiKepala bidang perluasan peserta dan kepatuhan BPJS Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, Yulisdina Natalia pada rapat evaluasi di ruang ketawai kantor Bappeda Provinsi Bangka belitung, Kamis (4/10/2018).

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Capaian kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) BPJS Kesehatan di Provinsi Bangka Belitung, september 2018 baru mencapai sekitar 75 persen. Sementara itu, pemerintah menargetkan capaian kepesertaan di januari 2019 mencapai 95 persen dari total jumlah penduduk, baik kabupaten maupun kota dan secara nasional.

Kepala bidang perluasan peserta dan kepatuhan BPJS Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, Yulisdina Natalia menyebutkan, capaian peserta program ini masih belum mencukupi di sejumlah kabupaten maupun kota yang ada di Provinsi Bangka belitung.

Kepesertaan JKN-KIS yang terbagi dua, antara lain PBI atau Penerima Bantuan Iuran, yakni peserta yang didaftarkan melalui APBN maupun APBD, dapat dikategorikan miskin atau tidak mampu. Pada kepesertaan ini, capaian untuk wilayah Bangka belitung baru mencakup sekitar 576 ribu jiwa.

Sedangkan penerima Non PBI merupakan peserta mandiri yang mendaftarkan melalui iuran pribadi, PNS maupun POLRI. Peserta Non PBI di Babel baru mencapai sekitar 447 ribu jiwa.

"1 januari 2019 tidak ada lagi yang tidak terdaftar kepesertaan prorgam JKN-KIS ini." ujarnya pada rapat evaluasi lintas sektoral di ruang ketawai kantor Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka belitung, Kamis (4/10/2018).

Yuslidina menambahkan capaian yang belum memenuhi target pemerintah ini, akan terus digencar melalui pendekatan lintas sektoral dengan instansi terkait, agar dapat mencakup kepesertaan hingga 95 persen. Ia pun berharap adanya koordinasi dan keterlibatan dari semua pemerintah provinsi maupun kabupaten, untuk mensukseskan program yang dicanangkan pemerintah pusat ini.

Penulis: Ira Kurniati Editor: Ardhina Trisila Sakti Sumber: bangkapos Ikuti kami di 12 Siswi di Satu SMP Hamil, Pengakuan Sekolah Berbeda dengan Temuan PKBI Lampung Sumber: Berita Babel

No comments